‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Daftar Bioskop di Jember, Urutan Terakhir Paling Pertama Dikunjungi

daftar bioskop di jember

Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats,, tetiba bangun dari goa dan ingin menulis beberapa hal yang semestinya harus segera dituangkan. Soalnya sudah terpikirkan dari beberapa hari. Namun tertunda dengan ini dan itu. Kebanyakan alasan ahhh, klise. Ehehe. Tapi akhirnya hari ini aku memutuskan untuk segera menuliskan saja. Daripada terlewat dan tertimbun lagi nanti idenya.

Berawal dari kebiasaan yang saat ini kerap saya dan suami lakukan sebagai ajang untuk quality time, yaitu nonton film di bioskop. Membuat saya jadi flashback dengan bioskop yang ada di Jember, tempat tinggal kami.

Beberapa bioskop di sini memang sudah pernah saya kunjungi. Meski begitu, supaya saya tetap bisa bernostalgia ketika membaca artikel ini nanti. Maka akhirnya saya memutuskan untuk menulis tentang nama-nama bioskop di Jember, dan film apa saja yang pertama kali saya tonton di sana.

Supaya tidak banyak intro, berikut akan saya bagikan daftar bioskop di Jember, dan film apa yang saya tonton saat itu, untuk pertama kalinya.

Bioskop Yang Ada di Jember dan Film Pertama yang Ditonton


1. Kota Cinema Mall Jember

Sebelum covid merebak di tahun 2020 waktu itu, saya diajak oleh Kak Ros (halo kakros.com) dan Mbak Fevtri ( fevtrisjahrir.wordpress.com ), untuk menonton film yang sangat hits di tahun itu yaitu Nanti Kita Cerita Tentang Hari Itu (NKCTHI).

spot foto iconic kota cinema mall jember
pertama kali ke Kota Cinema Mall Jember, 2020

area lobi dan resepsionis kota cinema mall jember
area resepsionis Kota Cinema Mall Jember

Ajakan mereka merupakan kunjungan pertama saya di Kota Cinema Mall, Jember. Apalagi setelah ikut suami, jadi saya lebih mudah untuk pergi ke bioskop. Karena sebelumnya saya tinggal di desa, begitu akhir tahun 2019 menikah, dan mengikuti suami yang tinggal di kota Jember.

Kesan pertama untuk menggambarkan Kota Cinema Mall Jember saat itu, masih sama seperti saat ini. Namun yang sekarang lebih ramai, beberapa kali acara sering diadakan oleh komunitas atau pihak tertentu di sini saat akhir pekan. Ada live music juga.

Fasilitas juga tidak kalah cakep sih selain terdapat 3 ruang bioskop. Mulai toilet, pelayanan, tempat makan, tempat menunggu, tempat duduk, parkir, kursi bioskopnya juga cukup nyaman. Bisa pesan tiket via nomor yang terhubung di resepsionis KCM, juga bisa langsung on the spot.

seni memahami kekasih
Baru Kemarin nonton 

Baru-baru ini, saya juga baru nonton film tentang cerita Kalis Mardiasih dan Agus Magelangan di Kota Cinema Mall Jember di Seni Memahami Kekasih. Untuk filmnya sendiri, saya cukup senang dan sangat ringan untuk ditonton. Bagus juga pengemasan jalan ceritanya.

2. Cinepolis Lippo Plaza Jember

Bioskop satu ini cukup dekat dengan Kota Cinema Mall. Meski demikian, kesan mewah dan eksklusif terlihat pada interior pada bioskop Cinepolis yang berada di lantai 6 Lippo Mall, Jember.

Film pertama yang saya tonton di Cinepolis yaitu Buya Hamka 1. Ya, baru di tahun 2023 saya menonton film di sini. Lanjut kemudian nonton Inside Out 2 juga di sini.

Awal pesan tiket di sini melalui aplikasi, yang lebih mudah untuk scan QR untuk cetak tiket. Kemudian saat nonton Inside Out 2, saya lebih memilih untuk beli tiketnya langsung di resepsionis bioskop Cinepolis.

Well, fasilitas yang disediakan cukup nyaman untuk digunakan, dari tempat duduk untuk menunggu, toilet, kursi bioskop yang cukup luas dan empuk, dengan lantai beralaskan karpet. Mantap betul lahh.

3. CGV Roxy Square Jember

Berawal dari menggemari Tiara Andini yang merupakan Runner Up Indonesian Idol X, akhirnya membawa saya untuk menonton film pertama Tiara dengan judul My Sassy Girl di tahun 2022. Merupakan film remake dari film korea yang hits pada masa itu, yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Cho Tae-hyun.

Dan untuk bisa menonton film tersebut di CGV yang berada di lantai 2 Roxy Square Jember, saya mengajak kedua teman saya saat mengikuti pelatihan informatika yang diadakan salah satu lembaga kerja yang di Jember.

Saya tidak mau banyak berkomentar dengan filmnya, karena sedikit kurang dari ekspektasi, tapi overall bangga karena begitu dinyatakan menjadi runner up, Tiara jadi lebih banyak mencoba berbagai kesempatan di dunia akting.

Kalau dari fasilitas CGV Roxy Square, Jember. Tampaknya juga sangat bagus sih dari interior dan pelayanan. Ada ruang tunggunya juga. Kursi tempat makan di depan resepsionis juga cukup banyak.

Film dalam dekat yang pernah saya tonton di CGV Roxy Square Jember ada Ipar adalah Maut yang juga tayang di tahun 2024 ini.

4. XXI Transmart Jember

Well, saat kesini saya hanya menonton sendirian. Karena suami masih berada di tempat kerja. Sehingga saya memutuskan untuk nonton sendiri, dan merupakan pengalaman pertama saya saat itu. Jadi walaupun ada sedikit kikuk, tapi saya cukup mengapresiasi diri sendiri. Hahaa.

Jadi hal kikuk yang saya alami saat itu, ketika mau scan tiket yang saya pesan secara online melalui aplikasi, tapi bingung ketika akan scan pakai alatnya. Dan akhirnya dibantuin juga sama mbak-mbak resepsionisnya.

Film pertama yang saya tonton di XXI Transmart Jember yaitu Hati Suhita pada tahun 2023. Walau saat saya baru datang film baru saja dimulai. Setidaknya tidak ketinggalan jauh sih.

Bioskop XXI ini terletak di lantai 5 Transmart Jember. Sepanjang naik ke lantai menuju bioskop, mata selalu dimanjakan dengan aneka pakaian, buah-buahan, hingga groceries, kemudian terdapat aneka permainan yang bisa anak-anak coba juga.

Merupakan bioskop dengan harga tiket paling terjangkau, termasuk juga Kota Cinema Mall. Saat Weekday 20.000, saat weekend 25.000,- kalau dari aplikasi masih ada tambahan pajak.

5. New Star Cineplex (NSC) Jember

Ini adalah bioskop pertama yang pernah saya kunjungi saat masih muda belia, asyik. Yaitu NSC Jember yang berada di Jalan Gatot Subronto No. 27 Tembaan, Kepatihan, Jember.

Film pertama, dengan pengalaman pertama nonton di bioskop juga yaitu film yang dibintangi Acha Septriasa dan Abimana Aryasatya dalam film Bumi Terbelah di Langit Amerika 2 tahun 2016, bersama sahabat saya saat SMA, dulu.

Film nya tayang petang hari selepas sholat ashar menjelang maghrib tiba. Untungnya masih bisa melaksanakan ibadah dengan fasilitas yang tersedia di sana.

Namun untuk saat ini, bioskop NSC juga tidak digunakan lagi ya sobats. Sebab merupakan bioskop tertua yang masih ada. Walau bangunannya masih tetap terlihat, namun di dalamnya sudah tidak difungsikan lagi sebagai bioskop.

Bioskop di Masa Kolonial yang ada di Jember

Ketika menulis ini, saya jadi ikut flashback jika di Jember dulunya pernah punya bangunan teater atau bioskop setelah membaca salahsatu artikel yang ada di platform blog dengan judul Florida Theater: Jejak Sejarah Bioskop di Kota Tembakau (Jember) pada Masa Kolonial, dengan nama kreator: Moch Naufal Zhafran

Dalam website tersebut dituliskan jika gedung bioskop yang ada di jember tahun 1900-an saat itu, 2 di antaranya berada di kota Jember, sedangkan 1 nya berada di Kecamatan Jatiroto, Jember,

Ketiga gedung pemasaran produksi sinema tersebut bernama Djatiroto Societeit yang terletak di Jatiroto, Florida Theater, dan Societeit Vereeniging.

Meski demikian, dalam artikel tersebut masih belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai ketiga gedung bioskop tersebut.

Kesimpulan

Tidak ada bioskop yang jadi favorit dari daftar di atas. Namun, jika melihat dari aksesnya sebenarnya XXI Transmart paling dekat. Walau saya lebih sering ke Kota Cinema Mall, yang juga termasuk dekat dari rumah. Yang pasti bisa menjadi ajang untuk keluar bareng suami di luar kegiatan bekerja.

Jika kami, mana sih yang menjadi favorit dari bioskop yang ada di kotamu? Jika ada, boleh banget berbagi di kolom komentar yang disediakan, ya.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke artikel ini. Sampai jumpa pada tulisan-tulisan lain di rurohma.com.

With blessings
Rohmah

1 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Jember kayak palembang. Bioskopnya lengkap. Kalo molly pribadi suka bioskop cgv dan cinepolis. Lebih ramah untuk disabilitas bisa duduk di bagian bawah. Kalo xxi bioskppnua kalo mau nonton mesti naik tangga dulu.

    BalasHapus

Chingudeul