‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Menggali Potensi Diri Seorang Blogger untuk Berkarir di Bidang Digital

menggali potensi diri seorang blogger


Ternyata menjadi blogger bukan cuma nulis doang

Sebuah kutipan yang disampaikan oleh Kak Putri SB saat acara webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas BRT dengan tema “Unlock Your Potentials : Transform Your Blogging Passion Become a Professional Digital Career,” yang diadakan pada hari Jumat, 27 Juli 2024.

Mengapa bisa langsung tertampar dengan kutipan tersebut? Sebab hal ini membuka mata bagi seseorang yang ngakunya blogger tunjuk diri sendiri, tapi terjebak dalam sebuah kondisi zona nyaman dan menyadari bahwa dunia digital itu sifatnya cepat, kompetitif, jadi harus terus berkembang.

Sehingga, jangan hanya stuck di keadaan sekarang. Namun, alangkah lebih baik jika mencoba hal-hal baru yang mungkin masih berhubungan dengan dunia blogger. Sekaligus menjadi sarana menggali potensi diri. Siapa tahu dari situlah ada jalan untuk seorang blogger bisa berkarya dalam bidang digital. Apapun itu jenisnya.

Blogger Pindah Karir ke Dunia Digital Marketing

Kak Putri SB atau Putri Serry Banon adalah Blogger Lifestyle & Parenting asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Merupakan pemilik blog putrihaneen.com. Dalam kesempatan webinar itu, Kak Putri berbagi pengalamannya terkait bagaimana proses biar bisa switch atau pindah karir ke dunia digital marketing.

FYI, Kak Putri saat ini bekerja sebagai Professional Digital Marketer merangkap menjadi SEO Specialist di sebuah perusahaan digital.

Siapa yang menduga, jika karirnya sekarang bermula dari menjadi seorang blogger. Namun, karena Kak Putri menggali potensi diri secara lebih giat dengan harapan hal itu akan membawa masa depan dan fase yang lebih baik kedepannya. Maka posisi sekarang adalah hasil yang didapat dari rangkaian kerja keras sebelumnya..

Ya, bermula dari blogger, loh

“Meski kita blogger, kita menulis, dan banyak orang merasa kalau blogger itu, nulis, nulis, dan nulis. Sebenarnya blogger nggak cuma sekedar itu. Banyak pula yang mengatakan bahwa blogger itu kompleks. Ada banyak kesempatan yang dapat kita ambil untuk terjun ke dunia blogger,”

Bisa dikatakan, ketika memutuskan untuk menjadi blogger, dan ingin bisa lebih baik kedepannya terlebih dalam hal karir. Maka yang perlu dilakukan adalah mendobrak potensi diri, dengan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Bukan tidak mungkin, jika nantinya peluang karir selain blogger dalam bidang digital bisa diperoleh. Contoh paling nyata adalah Kak Putri.

Lalu, bagaimana Kak Putri berhasil menggali potensi diri sendiri hingga ada di posisi sekarang ini? Simak berikut rangkaian sesi berbagi informasi dari Kak Putri SB.

Perjalanan Karir Kak Putri SB - Dari Blogger jadi Professional Digital Marketer

Siapa sangka, jika selama perjalanan karir Kak Putri dilalui dari berbagai jenis profesi yang dilakukan secara bertahap. Jadi tidak langsung ke posisi sekarang. Namun masih melalui berbagai proses, namun dengan jangka waktu yang menurutnya cepat, untuk pertumbuhan karirnya.

Jadi, bagaimana perjalanan karir Kak Putri SB? Berikut rangkumannya.

1. Blogger

Kak Putri merasa beruntung menjadi seorang blogger, dan paham jika sebagai blogger pasti memiliki keterbatasan. Baik edukasi, informasi, maupun lainnya. Sebab dulu di sekitar tahun 2017, mencari informasi edukasi mengenai blogger itu cukup sulit. Tidak semudah seperti sekarang.

Karena sekarang dengan mudah mendapatkan kelas, webinar, bootcamp, atau alternatif lain untuk blogger bisa mencari ilmu untuk dunia digital marketing.

Bermula dari hanya sekadar menulis, namun merasa termotivasi dengan kata-kata mutiara dari temannya. “Bahwa kamu buat apa menulis kalau nggak dilihat orang lain. sebagus-bagus tulisanmu kalau nggak ada yang baca, buat apa”.

Dari situlah akhirnya Kak Putri Memiliki tekad untuk lebih memperdalam dan menelisik lebih jauh tentang dunia blogger.

2. SEO Content Writer

Awalnya Kak Putri tidak begitu paham dengan SEO itu apa. Dengan rasa ingin tahu yang membuncah, membawanya pada pendaftaran kelas SEO. Sebelum bergabung, Kak Putri menggunakan Blogspot sebagai media menulisnya.

“Kalau mau belajar SEO, better pakai Wordpress,” - tutur salah satu teman.

Karena teman Kak Putri mengatakan demikian, perihal keuntungan apa saja yang didapat jika memakai Wordpress. Dari situ akhirnya Kak Putri memutuskan untuk upgrade ke Wordpress, terlebih setelah melihat tampilan blog temannya yang bisa digeser-geser seperti layaknya PPT.

Satu hari sebelum mengikuti kelas SEO yang juga diadakan oleh Komunitas BRT, Kak Putri migrasi dari Blogspot ke Wordpress berbekal laptop yang digunakannya saat masih kuliah. Dari situlah Kak Putri mengenal berbagai istilah seperti SEO On Page, Off Page, Backlink, dan lainnya.

Menyadari jika dunia yang dimasuki adalah hal baru, membuat Kak Putri semakin semangat dan seaktif mungkin di kelas SEO, dengan bertanya sebanyak-banyaknya.

1 - Poin dari career path-ku dalam blogger ini, aku tidak ragu untuk mencoba
2 - Aku ada keinginan untuk bisa lebih baik lagi, dan mencari tahu tentang dunia yang kumasuki. Bukan sekedar masuk saja. Tapi aku akan totalitas ketika memasuki sebuah dunia atau hal baru.

Berkat kerja keras selama mengikuti kelas SEO, membawa Kak Putri pada posisi tertinggi dalam challenge yang diadakan. Yang kemudian berdampak pula terhadap datangnya kerjasama penulisan artikel di blognya.

Berhasil menjadi yang terbaik pertama di kelas SEO tidak membuat Kak Putri berpuas diri. Bukan sebatas mengambil job saja, Kak Putri memanfaatkan kesempatan apa saja untuk bisa dilakukan dari kegiatan menulis.

Hingga akhirnya membawanya pada career path dengan menjadi SEO Content Writer di salah satu perusahaan.

Ketika jadi SEO Content Writer, aku tidak hanya diam dan menulis SEO di situ saja. Sebab kembali ke prinsip awal, ketika diberikan kesempatan suatu hal, aku akan totalitas. Di situ aku akan kerjakan sebaik mungkin, dan juga aku benar-benar fokus untuk bisa cari atau gali kesempatan yang bisa kulakukan.

3. Web Development dan SEO Specialist

Menjadi SEO Content Writer membuat Kak Putri semakin ingin mencoba hal baru. Tidak hanya diam dan menulis artikel SEO saja. Dengan prinsipnya “ketika diberikan kesempatan, maka akan totalitas dalam mengerjakannya sebaik mungkin,” Kak Putri memilih untuk fokus mencari dan gali kesempatan yang bisa dilakukan dengan profesi saat itu.

Sampai pada suatu ketika, Kak Putri bertanya kepada Mbak Monica Anggen dan Mas Punto Wicaksono tentang technical, dan tertarik dengan Web Development. Bahkan mungkin sangking serunya pembicaraan, sampai obrolan berlangsung hingga jam 4 pagi.

Karena merasa ada kesempatan dalam bidang Web Development itulah, Kak Putri akhirnya ambil pekerjaan tersebut. Sebab menurutnya, jika ada kesempatan apalagi untuk menambah portofolio, maka Kak Putri tak akan sia-siakan hal itu dengan meyakinkan orang lain jika Kak Putri bisa mengemban atau meng-handle project tersebut.

4. Full-Stack Digital Marketing

Tidak berhenti di satu bidang saja, Kak Putri memperluas pengetahuannya dengan mengambil sertifikasi Full-Stack Digital Marketing di sebuah platform belajar. Bahkan Kak Putri belajar sambil bekerja selama 8 bulan dengan totalitas, hingga akhirnya di notice oleh pengajar, yang kemudian diajak untuk menjalankan project dan ditawari sebagai pengajar atau lead di platform tersebut.

Mengapa Kak Putri bisa sampai semangat dan antusias dengan belajar bahkan kerja dari malam sampai subuh untuk dunia baru yaitu Full-Stack Marketing?

Sebab, Kak Putri mengatakan, kalau kelas yang diikuti itu berbayar. Sedangkan dari kecil ditanamkan oleh papinya dengan pernyataan demikian.

“Ketika kamu membayar sesuatu hal, harga yang kamu dapat atau kembaliannya harus banyak dari harga-harga yang kamu bayar. Yang intinya nggak mau rugi,”
Sehingga selama mengikuti kelas untuk ambil sertifikat Full-Stack Blogger inilah, Kak Putri melakukannya semaksimal mungkin, bahkan hingga pagi pun. Asalkan bisa dinotice dan jadi yang terbaik dalam kelas itu.

“Karena saat aku jadi terbaik, aku ditawarin untuk ngajar, ditawarin kesempatan-kesempatan lainnya, ditawari project bareng pengajar di kelas itu”.

5. Teaching atau Mengajar

Dengan kesempatan yang datang, Kak Putri tidak sia-siakan hal itu. Hingga bisa melakukan semua kegiatan itu, mulai dari Web Development, SEO Content Writer, Full-Stack Digital Marketing juga dikerjakan di salah satu perusahaan. Bahkan mengajar juga.

Dengan manajemen waktu yang diterapkan dengan pembagian, untuk siang hari di jam 09.00 PM sampai 06.00 AM digunakan untuk bekerja di perusahaan. Lanjut jam 07.00 PM sampai malam kalau ada jadwal kelas, baru kemudian mengajar.

Menggunakan Kesempatan dan Peluang untuk Masa Depan Lebih Baik

"Opportunity is like sunshine; it’s available to everyone. But what you do with it is up to you."

Jadi, kesempatan itu ibarat sebuah matahari. Yang mana sinarnya bisa tersedia untuk diambil bagi siapa saja. Namun hal itu tergantung dengan bagaimana seseorang menggunakan kesempatan tersebut, yang nantinya akan menentukan masa depan kedepannya. Yang mana masa depan yang diharapkan tentu jauh lebih baik lagi.

Matahari terbit merupakan sebuah fenomena alam yang indah dan memukau. Kehadirannya membuat langit bertransformasi menjadi sebuah palet warna yang menakjubkan apalagi dengan cahaya keemasannya.

Pun semakin matahari naik, warna yang ditampilkan akan lebih bervariasi lagi, hingga akhirnya menampakkan warna jingga keemasan yang elok dipandang mata.

Ibarat matahari terbit, hal ini bukan hanya sebatas pemandangan alam saja. Melainkan simbol sebuah harapan dari permulaan atau awal yang baru.

Mengingatkan bahwa setiap hari kita diberikan kesempatan untuk memulai kembali sekaligus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup, dan mengisinya dengan penuh semangat dan antusiasme.

Termasuk memulai melakukan hal baru demi mempersiapkan masa depan yang indah di hari mendatang. Salah satunya dengan cara menggali potensi diri yang dimiliki.

Cara Menggali Potensi Diri untuk Peluang Karir di Dunia Digital

Tips ini merupakan rahasia dari perjalanan karir Kak Putri yang kini berada di dunia digital marketing. Lalu blognya bagaimana? Masih, masih ada, dan masih kerap update artikel ya.

Sharing pengalaman Kak Putri ini merupakan beberapa aspek untuk siapapun, blogger utamanya. Jika ingin bertahan atau growth-nya bisa cepat di dunia digital marketing. Bahkan peluang karir lain di bidang digital bisa juga diraih dengan cara yang akan disebutkan di bawah ini. Aspek tersebut antara lain.

1. Aspek Utama untuk Pertumbuhan Karir


Ada 4 hal utama atau aspect core yang akan menjadi aspek bagi blogger agar bisa bertahan atau bertumbuh dengan cepat, jika terjun di bidang digital marketing ini. Di antara 4 aspek tersebut, antara lain:

- Education (Edukasi/Pendidikan)

Siapa bilang ijazah itu tidak penting? Ijazah merupakan aspek yang penting, sekalipun ada yang mengatakan jika ijazah itu tidak penting, dalam peluang karir di bidang digital. Dikarenakan ada yang bukan lulusan IT, tapi bisa bekerja di bidang digital marketing.

Sebab, pendidikan atau edukasi bukan hanya sebatas sertifikat saja. Melainkan di sana ada sebuah kebiasaan yang dibentuk. Selain itu, selama pendidikan tentu akan ada networking yang akan terjalin. Sehingga bukan hanya belajar saja.

Oleh karena itu, dengan memiliki pendidikan dan edukasi yang bagus, ditambah nilai IPK tinggi, baik saat mengikuti bootcamp atau kelas mendapatkan nilai yang tinggi. Maka bukan tidak mungkin hal itu bisa meningkatkan pertumbuhan karir di masa depan. Apalagi kalau dibekali dengan valuable skill.

- Valuable Skill (Keterampilan yang Berharga)


Jika punya ijazah atau pendidikan, tapi tidak memiliki valuable skill atau keterampilan yang berharga. Maka yang akan didapat adalah sebuah kebingungan saat masuk di dunia kerja. Bisa jadi akan ada kesulitan untuk dapat bekerja lebih baik, begitupun kedepannya.

- Communication (Komunikasi)

Cara berkomunikasi yang baik itu sangat amat penting. Baik dari segi bahasa, etika, negosiasi, hubungan, dan pelayanan.

- Portofolio


Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul