‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Ide Usaha Sampingan yang Banyak Diminati dan Menguntungkan

ide usaha sampingan yang banyak diminati dan menguntungkan


Seperti yang diketahui jika saat ini harga-harga kebutuhan pokok semakin mahal. Hal ini membuat banyak orang berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan tersebut bisa didapatkan dengan membuka usaha kecil-kecilan dengan modal minim.

Sebelum membuka usaha, kamu harus mencari ide usaha sampingan apa saja yang menguntungkan dan banyak diminati. Dengan begitu maka usaha yang kamu jalankan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Berikut ini ide-ide usaha sampingan yang banyak diminati dan menguntungkan.

5 Ide Usaha Sampingan yang Banyak Diminati dan Menguntungkan

5 ide usaha sampingan yang banyak diminati dan menguntungkan

Supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa memilih usaha mikro. Usaha mikro ini banyak jenisnya dan mudah dijalankan. Paling penting usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang minim. Apa itu usaha mikro?

Usaha mikro adalah jenis usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha perorangan yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro sebagaimana diatur dalam UU no 20 tahun 2008. Suatu usaha dikatakan usaha mikro apabila memiliki jumlah aset maksimal Rp 50 juta dan jumlah omset maksimal Rp 300 juta rupiah.

Berikut ini jenis dan contoh usaha mikro yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha sampingan di rumah:

1. Jualan Online

Menjual produk secara online sangat diminati karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Maka dari itu, peluang usaha ini sangat menjanjikan dan bisa dijalankan tanpa modal yang besar. Supaya usaha jualan online yang dijalankan bisa sukses, pilihlah produk yang tepat.

Contoh produk yang bisa Anda jual adalah pakaian, baju anak, aksesoris, jilbab atau produk handmade lainnya. Produk-produk tersebut nantinya bisa dijual secara online di media sosial maupun marketplace.

2. Usaha Makanan Ringan

Ide usaha sampingan lainnya yang menjanjikan adalah usaha makanan ringan. Ngemil merupakan aktivitas yang disukai banyak orang ketika sedang santai atau nonton tv.

Anda bisa memproduksi makanan ringan sendiri untuk dijual. Jika tidak, bisa membeli camilan di pasar lalu dikemas sendiri dengan tampilan yang menarik. Beberapa contoh makanan ringan yang bisa dijual adalah keripik singkong, kue kering, dan sebagainya.

3. Jual Tanaman Hias

Jual tanaman hias menjadi salah satu usaha yang menjanjikan, terutama buat Anda yang gemar dengan tanaman hias. Koleksi tanaman hias yang Anda miliki bisa dijual secara online maupun offline.

Untuk jenis tanaman hias tertentu biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Supaya banyak yang minat, Anda harus menawarkan tanaman hias dengan foto yang bagus. Berbagai jenis tanaman hias yang dijual berupa bunga anggrek, aglaonema, keladi hias, sirih gading dan sebagainya.

4. Usaha Pembuatan Buket

Peluang usaha pembuatan buket sangat menjanjikan karena peminatnya sangat banyak. Jika kamu memiliki keterampilan dalam merangkai bunga, snack atau barang lainnya menjadi buket yang menarik, tidak ada salahnya untuk mulai menjalankan usaha ini. Usaha pembuatan buket bisa dijadikan usaha sampingan.

Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan buket ini di sosial media. Upload juga buket hasil karyamu untuk menarik pelanggan. Biasanya buket akan laris manis ketika ada acara wisuda, perpisahan sekolah, ulang tahun dan sebagainya.

5. Menjual Pulsa Elektrik

Siapa sangka ternyata usaha menjual pulsa elektrik sangat menjanjikan. Dengan modal usaha yang terjangkau, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Untuk menjalankan usaha ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi atau platform yang disediakan oleh provider atau mendaftar sebagai agen distributor dari provider pulsa elektrik.

Supaya usahamu dikenal banyak orang, jangan lupa untuk mempromosikannya di media sosial. Jangan lupa untuk menawarkan layanan top up pulsa, top up e-wallet dan sebagainya.
Pengembangan Usaha Mikro Melalui Pendanaan Modal Usaha Amartha

Apabila kamu berminat untuk menjalankan salah satu jenis UMKM untuk usaha sampingan, tetapi terkendala dana, sebaiknya tidak perlu khawatir. Alasannya karena kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari Amartha. Caranya yaitu dengan mengajukan pinjaman berkelompok di Amartha.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh produk pinjaman berkelompok dari Amartha, seperti proses pengajuan mudah, risikonya sudah terukur karena pengajuan berkelompok dilakukan secara berkelompok, proses pencairan dana cepat dan mendapatkan pendampingan berkala dari UMKM.

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul